BERIKUT ADALAH VIDEO PEMBELAJARAN TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS 5

ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang atau penjelas.

A. Ide Pokok
Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Nama lain dari ide pokok adalah pokok pikiran, pikiran pokok, gagasan utama, gagasan pokok, dan pikiran utama. Ide pokok terdapat dalam kalimat yang bersifat umum, kemudian dijelaskan dengan kalimat-kalimat penjelas serta memuat kata kunci yang sering diulang dalam bacaan. Fungsi ide pokok adalah menjadi dasar pengembangan paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok bisa berada di awal atau di akhir paragraph. Menemukan ide pokok/kalimat utama dapat dilakukan dengan teknik membaca cepat. Membaca cepat adalah kegiatan yang mengutamakan kecepatan membaca dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Dua teknik membaca cepat adalah sebagai berikut .

  1. Teknik skimming adalah teknik membaca dengan mengambil intisari atau ide pokok tentang suatu hal. Tujuannya, mempermudah mengetahui secara cepat isi buku dengan hanya melacak informasi yang sekiranya menarik dan ingin diketahui secara mendalam.
  2. Teknik scanning adalah teknik membaca cepat dan teliti. Jenis teknik membaca ini bertujuan untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu.

Adapun langkah dalam membaca cepat sebagai berikut :

  1. Siapkan diri dan pusatkan perhatian pada teks bacaan yang ada.
  2. Pahami judul bacaan
  3. Bacalah teks secara sekilas dan temukan ide pokok yang disampaikan oleh penulis pada kalimat utama tiap paragraf.
  4. Tentukan hubungan pertalian makna judul dengan ide pokok dalam paragraf
  5. Rumuskan ide pokok dalam teks yang kamu baca.

B. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dikelompokkan menjadi 4 yaitu:

  1. Paragraf deduktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf
  2. Paragraf induktif, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf
  3. Paragraf campuran, yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf
  4. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal hingga di akhir paragraf, karena semua kalimat dianggap penting.

C. Berikut adalah contoh menentukan ide pokok dan kalimat pengembang

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Ide pokok dari paragraf diatas adalah : Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak
Kalimat pengembangnya adalah : Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *